Selasa, 19 Maret 2013

HADIST BERBUKA PUASA


Berbuka Puasa Dengan Makanan Ringan


Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam berbuka puasa sebelum shalat maghrib dengan beberapa kurma basah. Jika tidak ada maka dengan beberapa kurma kering. Jika tidak ada, maka beliau hanya meminum beberapa teguk air.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan At-Tirmidzi).


dalam hadist ini dinyatakan, bahwasannya kita dilarang untuk berlebih-lebihan, dalam segala hal dan disini dalam hal makan dan minum dikala kita berpuasa. juga mengajarkan bahwa kita adalah manusia, yang memiliki adab terutama dalam makan dan minum semua hadist yang diriwayatkan adalah supaya kita memahami betul perilaku nabi kita. sungguh luar biasa, sebelum ilmu kedokteran ada, nabi Muhammad SAW telah menyarankan agar kita menjaga pencernaan kita dengan memakan makanan yang halal, makan secukupnya dan tidak berlebihan juga makanlah makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi tubuh.

dalam hadist lain diriwayatkan bahwasannya rasulullloh bersabda bahwa "makanlah sebelum kau lapar, dan berhentilah sebelum kau kenyang. disini sudah jelas disampaikan bahwa kita tidak boleh serakah dan berlebihan dan dalam hadist ini tersirat kita diajarkan untuk berbagi dan tidak egois juga selalu berusaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar